PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS
MUSIKAL PADA MATA PELAJARAN FISIKA
UNTUK MATERI HUKUM NEWTON KELAS X
ANDRI PURWANTO, S. Pd
Dalam dunia pendidikan yang modern ini diperlukan suatu pembelajaran yang bisa
mengasah beragam kecerdasan yang dimiliki olehsiswa. Dalam arti seorang guru harus bisa
memanfaatkan beragam kecerdasan tersebebut, baik linguistik, logika matematika,
interpersonal,intrapersonal, musikal, video spasial, kinestetik jasmani, dan naturalis menjadi
berkembang, tetapi pada kenyataannya tidak semua gurudapat mengasah semua kecerdasan
yang dimilikisiswa di dalam pembelajarannya. Salah satunya yaitu pada mata pelajaran fisika.
Fisika sebagai salah satu ilmu di bidang sains merupakan salah satu pelajaran yang
bisanya dipelajari melalui pendekatan secara matematis. Sehingga sering kali ditakuti dan
cenderung tidak disukai anak-anak. Karena pada umunya anak-anak yang memiliki kecerdasan
logika matematika sajalah yang bisa menikmati fisika. Padahal, belajar fisika bukan sekedar
tahu metematisnya tetapi lebih jauh siswa harus mampu memahami konsep-konsep yang ada
di dalamnya, menuliskan ke dalam parameter-parameter atau simbol-simbol fisis, dan mampu
memahami permasalahan serta menyelesaikannya secara metematis. Oleh karena itu,
seharusnya guru bisa memanfaatkan beragam kecerdasan lainnya untuk meningkatkan
pemahaman siswa terhadap konsep-konsep fisika, termasuk kecerdasan musikal. Kecerdasan
musikal sendiri adalah kemampuan untuk menangani bentuk-bentuk musikal dengan cara
mempersepsi, membedakan, mengubah, dan mengekspresikan. Kecerdasan ini meliputi
kepekaan terhadap irama, pola titi nada atau warna suara suatu lagu. Selain itu musik
mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan kemampuan matematika dan
ilmu sains dalam diri seseorang.
Oleh karena itu, dibuatlah media pembelajaran berupa video pembelajaran berbasis
musik. Media ini dibuat berdasarkan konsep dasar fisika. Media pembelajaran yang berbasis
musik ini diharapkan dapat menjadi media yang menarik bagi siswa sehingga dapat
memudahkan mereka dalam memahami materi fisika dan mengasah kecerdasan musikal yang
jarang dimanfaatkan.
Video pembelajaran tersebut sudah diujikan kepada siswa kelas X MPLB 1 di SMK
Khozinatul Ulum Todanan. Membandingkan dengan metode pembelajaran konvensionalsiswa
cenderung lebih tertarik dengan media pembelajaran berbasis musical ini. Dengan video
penjelasan yang dapat di ulang setiap saat makasiswa cenderung akan lebih bisa belajar secara
maksimal.
Manfaat yang dapat diperoleh ketika video pembelajaran ini diimplementasikan pada
pembelajaran yaitu :
1. Peserta didik memiliki sumber belajar yang menyenangkan.
2. Peserta didik dapat belajar dimana saja dan kapan saja.
3. Peserta didik mampu memahami dengan baik karena bisa memutar materi
berulangkali.
4. Terdapat fitur gambar dan suara sebagai bahan penjelasan kepada siswa
5. Mengurangi kecanduan game online pada peserta didik