28 Januari 2023

SMK KHOZINATUL ULUM TODANAN

Siap Kerja, Santun dan Berprestasi

Persiapan ANBK SMK Khozin Todanan

2 min read

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau

  1. perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan
  2. kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu). Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid.

Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran. (sumber : https://anbk.kemdikbud.go.id/#tentang)

Untuk tahun ini karena ANBK masih bersifat sampling maka SMK Khozinatul Ulum Todanan di tetapkan oleh Dinas Pendidikan melaksanakan ANBK secara online dan jumlah pesertanya 50 Siswa dengan 5 siswa cadangan. Karena di tetapkan secara online maka SMK Khozinatul Ulum Todanan harus menyiapkan koneksi internet yang bisa memenuhi kebutuhan ANBK dimana yang dibutuhkan adalah Kecepatan internet 12bmps dedicated, SMK Khozinatul Ulum Todanan menaikan kapasitasn kecepatan dari 100mbps (download 100, upload 20) menjadi kecepatan internet 300mbps (download 300,upload 60).

Selain itu SMK Khozinatul Ulum Todanan juga menyiapkan 3 Labotarium yaitu Lab. Digital yang berisi laptop/Komputer sebanyak 50 Unit yang siap digunakan, serta 10 Cadangan

Jadwal pelaksanaan ANBK sendiri telah di tetapkan oleh Dinas pendidikan yaitu:

  1. tanggal 23 Agustus-2 September 2021                    Untuk Simulasi,
  2. tanggal 6-16 September 2021                                  Gladi Bersih
  3. dan 20-23 September 2021                                      Pelaksanaan ANBK jenjang SMK dan Paket C.

 Semoga pelaksanaan ANBK di SMK Khozinatul Ulum Todanan bisa berjalan dengan lancar dan bisa meningkatkan proses pembelajaran yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *