OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN ( OTKP )
SMK Khozinatul Ulum Todanan Memiliki Program Keahlian OTKP yang mempelajari segala jenis kegiatan kantor. Mulai dari pembukuan, pengarsipan, hingga public relations. Mayoritas lulusannya bekerja di lingkungan perkantoran dengan peran diantaranya menjaga kelancaran operasional kantor sehari-hari termasuk bertindak sebagai perantara dari karyawan dan pimpinan perusahaan ataupun dengan pihak di luar kantor. Bagi para lulusan yang berminat di bidang seni bisa bekerja di berbagai galeri, gedung pameran dan teater, mengatur kelancaran operasional sehari-hari serta mengkoordinir acara-acara jika ada.
Pemaparan singkat di atas, dapat menjadi salah satu alasan mengapa memilik sekolah di SMK jurusan Otomatisasi Perkantoran. Selain di desain untuk siap kerja ketika lulus, juga dimungkinkan untuk melanjutkan pendidikan di tingkat yang lebih tinggi. Seperti sembohyannya “SMK BISA!”.
Kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) atau dulunya Administrasi Perkantoran (AP) merupakan salah salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Khozinatul Ulum Todanan yang memberikan bekal tentang berbagai informasi layanan dibidang administrasi baik secara pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan perusahaan atau kantor.
Ruang Lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan pada jenjang SMK antara lain adalah:
- Sekretaris perusahaan
- Staff Admin HR,
- Staff Admin marketing
- Staff Admin Produksi
- Staff admin penjualan
- Staff admin IT
- Staf Operasional Gudang
- Front Office.
- Receptionist
Selain kerja Apakah lulusan SMK bisa kuliah?
Ya, bisa. Semua lulusan SMK dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di perguruan tinggi jika ingin menambah pengetahuan, wawasan serta kompetensinya agar kelak menjadi tenaga profesional yang handal. Umumnya, para lulusan SMK yang melanjutkan ke perguruan tinggi dengan pilihan jurusan yang sesuai dengan kompetensi keahliannya saat di SMK akan lebih berprestasi dan lebih terampil jika dibandingkan dengan lulusan SMA karena di SMK telah mempelajari mata pelajaran produktif yang disesuaikan dengan kompetensi keahliannya masing-masing. Artinya, setiap lulusan SMK sudah memiliki basic/ dasar pengetahuan sesuai dengan bidangnya masing-masing yang kemudian dikembangkan saat kuliah.
Apa Yang Akan Didapatkan
Membekali lulusannya dengan kompetensi bidang administrasi kantor dan sekretaris untuk kebutuhan dunia usaha antara lain :
- Prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran
- Keterampilan dasar komunikasi serta mengoperasikan berbagai fasilitas kantor (telepon, mesin facsimile, komputer dan peralatan presentasi, mesin hitung, LCD Proyektor dsb)
- Menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan serta mampu menyelenggarakan rapat/pertemuan bisnis
- Mengoperasikan berbagai aplikasi komputer untuk perkantoran (bentuk surat, pembuatan dokumen, laporan dan presentasi)
- Menyusun berbagai jenis laporan perkantoran & mempresentasikannya serta mampu menyelenggarakan sistem kearsipan
Prospek Kerja :
- Tenaga administrasi, staf tata usaha
- Sekretaris direksi atau sekretaris perusahaan
- Tenaga administrasi di bagian umum dan personalia, pelatihan, reseptionis
- Tenaga administrasi di bagian keuangan dan pembukuan
- Tenaga penjualan, promosi dan pemasaran
- Account Executive, Account Supervisor berbagai bidang jasa
- Wirausaha
- Staf akademik/dosen bidang bisnis dan manajemen
- Melanjutkan ke Perguruan Tinggi